Selasa, 01 November 2011

penyakit herpes

  1. Judul Tugas                   : Tugas-1 KKPI SMK KESEHATAN SURABAYA
  2. No. Induk Siswa          : 030/030.076
  3. Nama Siswa                 : Pingky Novi Rusiana
  4. Kelas                            : XI
  5. Nama Sekolah              : SMK KESEHATAN SURABAYA



PENYAKIT HERPES

DEFINISI

Herpes Genitalis adalah suatu penyakit menular seksual di daerah kelamin, kulit di sekeliling rektum atau daerah di sekitarnya yang disebabkan oleh virus Herpes simpleks.
 

PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus Herpes simpleks.
Ada 2 jenis virus Herpes simpleks yaitu HSV-1 dan HSV-2.
HSV-2 biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, sedangkan HSV-1 biasanya menginfeksi mulut. Kedua jenis virus Herpes simpleks tersebut bisa menginfeksi kelamin, kulit di sekeliling rektum atau tangan (terutama bantalan kuku) dan bisa ditularkan ke bagian tubuh lainnya (misalnya permukaan mata).
Luka Herpes biasanya tidak terinfeksi oleh bakteri, tetapi beberapa penderita juga memiliki organisme lainnya pada luka tersebut yang ditularkan secara seksual (misalnya sifilis atau cangkroid).
Penularan herpes genital
Penularan herpes terjadi melalui kontak dari kulit ke kulit. Dapat juga ditularkan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya pada penderita itu sendiri atau ke orang lain, seperti dari daerah genital ke bagian tubuh lain seperti jari-jari, mata atau bagian tubuh lainnya melalui kontak langsung. Penularan herpes dapat juga terjadi pada ibu yang menularkan ke bayinya pada saat melahirkan

 

Tanda dan gejala herpes genital
Pada awal-awal masa outbreak yang disebut herpes primer, beberapa orang mengalami gejala seperti flu, seperti nyeri badan, demam dan sakit kepala. Kebanyakan orang yang menderita infeksi herpes genital akan sesekali luncul gejala yang dikenal dengan luka outbreak.

Dalam beberapa hari setelah anda tertular virus herpes simpleks, luka herpes biasanya terbentuk pada sekitar daerah genital. Luka biasanya bermula sebagai satu atau lebih kelompok-kelompok yang sangat kecil, rimbul lepuh-lepuh dengan dasar merah. Pada saat lepuh-lepuh tersebut pecah dan terbuka berubah menjadi bentuk luka berwarna pink atau merah yang biasanya mengeras pada permukaannya dan sembuh dalam 2-12 hari. Lepuh-lepuh biasanya berkelompok, tetapi anda mungkin hanya mempunyai satu lepuhan.

Gejala-gejala dari herpes genital lainnnya:
  • Nyeri hebat pada luka di daerah genital
  • Sakit dan bengkak pada kelenjar getah bening daerah paha
  • Pada wanita keluar kotoran pada vagina
  • Nyeri hebat berhubungan dengan proses dan sistem perkemihan
  • Gatal
Terkadang, Orang-orang yang terinfeksi virus herpes simpleks tidak menunjukkan gejala dan tanda setelah outbreak pertama sembuh. Dan beberapa orang mungkin tidak memperhatikan bahwa mereka terkena herpes karena ditunjukkan tanpa adanya gejala dan tanda atau mereka percaya bahwa gejala-gejala yang dialaminya dikarenakan penyebab atau masalah kesehatan yang lain padahal itu adalah gejala dan tanda herpes genital. Meskipun outbreak awal sudah sembuh namun mereka tetap masih membawa atau carier dari virus herpes simpleks dan dapat menularkannya kepada orang lain.
Pencegahan herpes genital
Bagaimana caranya melakukan pencegahan agar terhindar dari herpes genital?. Jika kehidupan seksual anda aktif, pastikan untuk menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seksual, bahkan jika pasangan anda tidak menunjukkan gejala dan tanda dari herpes     genital.

Sebaiknya gunakan kondom yang dapat menutup seluruh area yang terinfeksi sehingga dapat membantu mengurangi resiko tertularnya atau menularkan herpes genital. Akan tetapi, kondom mungkin tidak dapat mengkover atau menutup seluruh daerah yang terpengaruh.

Jangan lakukan oral sex atau hubungan sek lewat mulut dengan seseorang yang terkena sariawan karena virus herpes simpleks.

Komunikasi dengan pasangan adalah sangat penting dalam mencegah penularan herpes. Tanyakan pada pasangan anda apakah dia mempunyai penyakit infeksi herpes genital atau sudah di periksa benar-benar positif atau tida
Bagaimana cara mengobati herpes genital?

Tidak ada obat untuk penyakit herpes genital. Sekali seseorang terinfeksi, virus tetap tinggal dalam tubuh penderita sepanjang umur hidupnya bahkan jika penderita tersebut tanpa mengalami kejadian outbreak. Akan tetapi dokter dapat memberikan kepada penderita pengobatan untuk mencegah timbulnya outbreaks dan membantu outbreaks penderita agar bersih dengan lebih cepat.

Penderita juga dapat melakukan beberapa hal untuk meringankan gejala-gejala dan mengurangi kesempatan penularan kepada orang lain atau pasangan dalam berhubungan seks. Beberapa hal tersebut antara lain:
  • Kenakan pakain yang longgar
  • Jaga daerah genital anda agar tetap kering dan bersih
  • Cobalah untuk tidak menyentuh luka yang timbul dan jika anda menyentuhnya, cucilah tangan anda dengan sabun dan air hangat secepatnya.
  • Hindari melakukan hubungan seks selama masa oubreaks
 Sumber www.google.co.id

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar